Begini Cara menghitung Scoring TOEFL yang Benar

Bahasa Inggris merupakan salah satu jenis bahasa asing yang wajib dipelajari, khususnya di era modern seperti sekarang ini. Kenapa? Karena kini sudah banyak kesempatan yang bisa kita lakukan hanya dengan menguasai bahasa Inggris. Tak heran rasanya bila banyak universitas dan perusahaan yang memberlakukan sertifikat TOEFL sebagai persyaratan mereka. Anda tentu saja wajib mengetahui apa itu TOEFL dan cara menghitung scoring TOEFL yang benar. 

TOEFL kini memang telah menjadi salah satu alat ukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang dapat menunjang karier akademik maupun non-akademik. Dengan demikian persiapannya pun harus dilakukan secara optimal hingga akhirnya bisa mendapatkan skor tinggi dan juga memuaskan. Proses scoring TOEFL juga bisa Anda pelajari sendiri di rumah dengan mudah. 

Pengertian TOEFL

Sebelum Anda mengambil tes TOEFL, pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Karena tes ini tidak bisa dilakukan sembarangan oleh semua orang. TOEFL merupakan salah satu jenistes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang menurut strandarisasi Bahasa Inggris dari Amerika Serikat. Tes ini menjadi sangat penting karena dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa ataupun melamar pekerjaan. Oleh sebabnya Anda harus bisa mendapatkan skor yang tinggi. 

Dengan mengikuti tes TOEFL, Anda tentunya bisa mengetahui seberapa baik kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Skor yang didapatkan adalah tingkat kualitas dari kemampuan bahasa Inggris Anda. Maka dari itu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Apalagi ada standar minimal yang harus Anda penuhi dalam tes ini. Contohnya seperti untuk mendaftar beasiswa ke universitas A harus mendapatkan skor minimal 500 pada tes TOEFL. 

Cara Menghitung Skor TOEFL

Tes TOEFL tentunya memiliki sistem yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan dengan sistem penilaian konvensional. Hal tersebut dikarenakan jenis tes satu ini sudah memiliki tabel berisi konversi nilai yang nantinya akan didapatkan oleh masing-masing peserta. Tabel tersebut tentunya terdiri atas beberapa sesi seperti listening, reading, structure, writing, dan speaking. 

Pada sesi listening, nilai minimum yang bisa Anda dapatkan adalah 31. Pada skor tersebut Anda mendapatkan 7 jawaban yang benar. Sementara nilai maksimal pada sesi listening adalah 68 dengan 50 jawaban benar. 

Dalam sesi reading, nilai minimumnya adalah 31 dari total 12 jawaban yang benar. Sedangkan nilai maksimalnya adalah 67 dengan 50 jawaban tepat. Selanjutnya, pada sesi struktur and written expression, nilai minimum yang bisa Anda dapatkan adalah 31 dari 9 jawaban benar. Nilai maksimalnya adalah 68 dengan total 40 jawaban benar. Lantas, bagaimana cara menghitung scoring TOEFL? Simak panduannya di bawah ini. 

Nah, itulah beberapa cara menghitung scoring TOEFL yang bisa Anda pelajari di rumah. Dengan mengetahui cara menghitung scoring ini, Anda tentunya bisa mengetahui kemampuan yang dimiliki saat melakukan sesi latihan. Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris, Anda kini sudah bisa mengambil kursus online bersama Full Bright Indonesia. Dapatkan banyak keuntungan belajar dengan Full Bright Indonesia. Salah satunya mendapatkan materi yang lengkap dan diberi suasana belajar yang menyenangkan. Yuk, join sekarang juga untuk mendapatkan nilai maksimal pada tes TOEFL!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *