Jika kamu ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kemampuan berbahasa Inggris yang memadai. Untuk membuktikan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, salah satu tes yang dapat diambil adalah tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language).

Namun, sebelum kamu mendaftar untuk mengikuti tes TOEFL, tentunya kamu perlu mengetahui biaya yang harus dikeluarkan terlebih dahulu. Biaya test TOEFL dapat bervariasi tergantung pada lokasi tes dan penyedia layanan tes. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai biaya tes TOEFL yang umum di Indonesia.

Biaya Tes TOEFL iBT di Indonesia

TOEFL iBT (Internet-based Test) adalah format tes TOEFL yang paling umum digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Biaya tes TOEFL iBT di Indonesia bervariasi antara Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000, tergantung pada lokasi tes dan penyedia layanan tes.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya tes TOEFL iBT, seperti lokasi tes, waktu tes, dan waktu pendaftaran. Biasanya, biaya tes TOEFL iBT lebih mahal jika kamu mendaftar dalam waktu yang singkat sebelum tanggal tes atau jika lokasi tes yang kamu pilih berada di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Medan.

Selain itu, beberapa penyedia layanan tes TOEFL iBT juga menawarkan paket tambahan seperti latihan tes dan pengiriman hasil tes melalui pos, yang dapat memengaruhi biaya tes secara keseluruhan. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa semua detail dan biaya tambahan yang terkait dengan layanan tes TOEFL iBT sebelum mendaftar.

Biaya Tes TOEFL PBT di Indonesia

Selain TOEFL iBT, ada juga format tes TOEFL PBT (Paper-based Test) yang masih tersedia di beberapa lokasi di Indonesia. Biaya tes TOEFL PBT di Indonesia sekitar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.000.000, tergantung pada penyedia layanan tes dan lokasi tes.

Format tes TOEFL PBT umumnya lebih mahal daripada format tes TOEFL iBT karena proses pengambilan dan penilaian tes yang lebih rumit dan memerlukan lebih banyak sumber daya. Selain itu, karena TOEFL PBT sudah semakin jarang digunakan, penyedia layanan tes TOEFL PBT mungkin menambahkan biaya tambahan seperti biaya pengiriman hasil tes atau biaya administrasi.

Tips Hemat Biaya Tes TOEFL

Jika kamu ingin menghemat biaya tes TOEFL, ada beberapa tips yang dapat kamu coba, antara lain:

  1. Pilih lokasi tes yang lebih terjangkau
  2. Mendaftar untuk tes TOEFL dengan waktu yang lebih panjang untuk mendapatkan harga lebih murah
  3. Manfaatkan diskon atau promo yang ditawarkan oleh penyedia layanan tes
  4. Cari tahu apakah universitas atau institusi yang kamu tuju menawarkan tes TOEFL secara gratis atau dengan biaya yang lebih murah.

Kesimpulan

Tes TOEFL adalah salah satu syarat penting bagi mereka yang ingin melanjutkan studi atau bekerja di luar negeri. Namun, biaya tes TOEFL bisa menjadi faktor yang memengaruhi keputusan seseorang untuk mengambil tes ini. Biaya tes TOEFL iBT di Indonesia bervariasi antara Rp 2.000.000 hingga Rp 2.500.000, sedangkan biaya tes TOEFL PBT sekitar Rp 2.500.000 hingga Rp 3.000.000.

Agar bisa menghemat biaya tes TOEFL, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, seperti memilih lokasi tes yang lebih terjangkau, mendaftar tes dengan waktu yang lebih panjang, mencari diskon atau promo dari penyedia layanan tes, atau mencari tahu apakah universitas atau institusi yang kamu tuju menawarkan tes TOEFL secara gratis atau dengan biaya yang lebih murah.

Dalam memilih penyedia layanan tes TOEFL, pastikan kamu memperhatikan biaya secara keseluruhan dan juga layanan yang ditawarkan. Pilihlah penyedia layanan tes yang terpercaya dan dapat memberikan layanan terbaik untuk kamu. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam menentukan biaya test TOEFL yang tepat dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk mengambil tes TOEFL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *