Tips Tes TOEFL Anti Gagal dalam Sesi Listening

Tes TOEFL merupakan salah satu ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang. Biasanya, tes ini menawarkan beberapa sesi, yakni listening, reading, structure, speaking, ataupun writing. Dalam menjalankan tes TOEFL, sesi listening selalu menjadi salah satu kendala. Karena tidak semua orang terbiasa mendengarkan narasi menggunakan bahasa Inggris sehingga Anda pun membutuhkan tips tes TOEFL anti gagal dalam sesi listening ini. 

Mengapa demikian? Karena keberhasilan yang Anda dapatkan akan berpengaruh pada skor yang dihasilkan. Dengan demikian setiap sesi harus dilakukan secara seksama, begitu pula saat audio diputar dalam tes. Agar Anda bisa maksimal dalam sesi listening, berikut ini adalah tips untuk menghadapi sesi listening dalam tes TOEFL. 

Membiasakan Diri Mendengar Narasi Bahasa Inggris

Salah satu kendala yang biasa terjadi dalam sesi listening adalah tidak terbiasa mendengar narasi menggunakan bahasa Inggris. Solusinya dapat dilakukan dengan membiasakan diri mendengarkan narasi bahasa Inggris.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai ajang refreshing di sela-sela pembelajaran. Karena Anda bisa melakukannya sambil menonton film atau mendengarkan siaran radio. Dengan demikian prosesnya pun akan menjadi lebih menyenangkan.

Pastikan Anda Berkonsentrasi

Ketika Audio diputar, pastikan Anda fokus saat mendengarkannya. Konsentrasi peserta tentunya memberikan andil besar terhadap keberhasilannya. Dalam sesi listening, Anda akan diberikan jeda selama 12 detik dari masing-masing soal sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik. 

Jangan terlalu lama berpikir karena jeda dari soal satu ke soal lainnya tidak terlalu banyak. Dengan demikian Anda pun harus memprediksi dengan cepat isi narasi yang didengarkan saat audio diputar. 

Pahami Petunjuk Soalnya

Dalam sesi listening, Anda akan diberikan petunjuk untuk mengerjakan soal sesuai yang dibacakan oleh native speaker. Dalam hal ini Anda tentu harus memahami terlebih dahulu apa petunjuk soal yang diberikan. 

Setelah memahami petunjuk soalnya, Anda pun bisa memilih jawaban yang tepat sesuai dengan isi soalnya. 

Perhatikan Kata Hubung yang Digunakan

Tips tes TOEFL listening selanjutnya adalah memperhatikan kata hubung yang digunakan oleh native speaker. Kenapa? Karena kata hubung biasanya dapat menentukan arah pembicaraan dari native speaker. 

Apabila Anda melewatkan hal ini, isi pembicaraan yang ada dalam audio bisa tidak tertangkap dengan optimal sehingga Anda pun bisa merasa bingung dalam menentukan jawabannya. Jadi, pastikan Anda tak boleh lengah selama sesi listening berlangsung. 

Isi Semua Soal dengan Tepat

Dalam melakukan tes TOEFl tentunya tidak akan ada pengurangan skor jika jawaban para peserta belum tepat atau salah. Oleh sebab itu, Anda pun wajib mengisi setiap soal yang terdapat dalam tes TOEFL ini untuk mendapatkan nilai maksimal. 

Tidak apa-apa jika Anda masih belum tahu jawaban tepatnya dan masih merasa ragu, karena jika beruntung jawaban tersebut bisa saja tepat. Akan tetapi, pastikan Anda tidak melakukan hal ini terlalu banyak, ya!

Nah, itulah beberapa tips tes TOEFL listening anti gagal yang bisa Anda buktikan sendiri. Dalam sesi listening, konsentrasi tentunya akan semakin terasah apabila terus melatihnya setiap hari. Tes TOEFL pun bisa dilakukan dengan lancar jika Anda mempersiapkan bersama Full Bright Indonesia. Kenapa? Karena Full Bright Indonesia sebagai kursus TOEFL online nomor 1 ini akan memberikan materi lengkap yang disusun oleh ahlinya sehingga akan membantu Anda dalam mempersiapkan diri menjelang tes TOEFL. Yuk, join Full Bright Indonesia sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *