TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah tes standar internasional untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli. Tes TOEFL sering diperlukan untuk melamar beasiswa, studi di luar negeri, atau pekerjaan internasional. Dalam era digital, tes TOEFL dapat dilakukan secara online, yang memudahkan siapa saja untuk mengambil tes tersebut. Berikut ini adalah informasi tentang tes TOEFL online yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk mengambil tes tersebut.

TOEFL Test Online

Tes TOEFL online ditawarkan dalam dua jenis: TOEFL iBT (Internet-based Test) dan TOEFL ITP (Institutional Testing Program). TOEFL iBT adalah tes TOEFL online yang paling umum dan diakui secara internasional. TOEFL iBT diselenggarakan oleh ETS (Educational Testing Service) dan dapat diambil di pusat tes yang terdaftar di seluruh dunia. Tes ini terdiri dari empat bagian: Listening, Reading, Speaking, dan Writing. Setiap bagian memiliki nilai maksimum 30 dan total nilai maksimum adalah 120.

TOEFL ITP adalah tes TOEFL online yang dikembangkan untuk tujuan akademis atau pengujian kemampuan bahasa Inggris di lembaga pendidikan tertentu. TOEFL ITP diselenggarakan oleh ETS dan hanya dapat diambil di lembaga pendidikan yang telah membeli lisensi untuk tes ini. Tes ini terdiri dari tiga bagian: Listening Comprehension, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension. Setiap bagian memiliki nilai maksimum 30 dan total nilai maksimum adalah 99.

Manfaat Mengambil TOEFL Test Online

Mengambil tes TOEFL online memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Fleksibilitas Tes TOEFL online dapat diambil kapan saja dan di mana saja, asalkan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Anda dapat memilih waktu dan tempat yang paling nyaman untuk Anda.
  2. Keseragaman Tes TOEFL online memiliki standar penilaian yang sama dengan tes TOEFL yang diambil secara konvensional di pusat tes. Oleh karena itu, Anda dapat memastikan bahwa hasil tes Anda diakui secara internasional.
  3. Waktu Pengumuman Hasil yang Cepat Hasil tes TOEFL online biasanya diumumkan dalam waktu dua minggu setelah tes dilakukan. Hal ini memungkinkan Anda untuk melanjutkan rencana studi atau karir Anda tanpa menunggu terlalu lama.
  4. Biaya yang Lebih Rendah Tes TOEFL online lebih murah daripada tes TOEFL yang diambil di pusat tes. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk akomodasi dan transportasi untuk pergi ke pusat tes.

Kesimpulan

Tes TOEFL online adalah pilihan yang bagus untuk siapa saja yang ingin mengambil tes TOEFL dengan lebih mudah, cepat, dan murah. Tes ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk keperluan akademis atau karir yang lebih baik. Jangan lupa untuk memilih jenis tes TOEFL yang tepat dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum mengambil tes tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *